tulisan

Jumat, 28 Oktober 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Nama  : Amy Prihartini
Kelas  : 1PA09
NPM   : 10511680



*      Manusia kasih sayang
Dalam kamus bahasa indonesia karangan W.J.S.Purwodarminto, kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Ada berbagai macam bentuk kasih sayang, bentuk itu sesuai dengan kondisi penyayang dan yang di sayang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan, karena kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang ini sadar atau tidaknya dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka sehingga merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.
Disimpulkan bahwa kasih sayang dialami oleh setiap manusia, karena kasih sayang merupakan bagian hidup manusia. Sejak lahir anak sudah mengenal kasih sayanag, tetapi kasih sayang yang berlebihan merupakan pemanjaan. Anak yang selalu di manja tidak baik karena pada nantinya anak akan sombong, pemboros, bahkan tidak menghormati orang tua.

*      Cinta kasih sayang dalam keluarga
Pada jaman sekarang ini banyak orang yang merasakan bahwa kebahagiaan itu adalah suatu keaadan abstrak yang sulit di capai. Meskipun seringkali manusia tidak dapat lolos dari kesulitan sosial dan ekonomi namun dengan adanya kasih sayang yang erat maka setidak-tidaknya kita mempunyai suatu tempat damai dan teduh di tengah kemelut nya persoalan hidup.    Namun patut disayangkan bahwa kasih sayang sebagai norma atau nilai hidup yang luhur seringkali di tinggalkan orang.

*      Makna kemesraan
Kemesraan adalah suatu perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Menurut filsuf dari rusia menyatakan bahwa seorang pemuda jatuh cinta pada seorang gadis secara serius , ia terlempar keluar dari cinta diri dan ia mulai hidup untuk orang lain. Menurut Yose ortega mengatakan di kedalam sanubari seorang pencinta merasa dirinya bersatu tanpa syarat dengan objek cinta nya persatuan dan bersifat kebersamaan. Cinta yang demikian merupakan pintu bagi seseorang untuk mengenal dirinya sendiri.
Bahwa pandangan evolusi akan menjadi lebih bermakna lagi karena merupakan daya pemersatu dalam alam semesta. Bila seseorang mengobral cinta maka orang itu menurunkan martabat dirinya sendiri . dan cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan yang berarti perwujudan dari cinta, karena dapat menimbulkan daya kreatif manusia. Kemesraan merupakan hubungan akrab antara pria dan wanita atau suami istri di karenakan kemesraan dapat membangkitkan daya kreatifitas manusia untuk menikmati seni budaya.

*      Makna pemujaan
Pemujaan merupakan perwujudan cinta kasih manusia kepada tuhan. Kecintaaan manusia kepada tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena tuhan yang membentuk alam semesta dan tuhan merupakan tempat kita untuk meminta pertolongan, memohon ampun dan meminta rejeki selain itu juga tuhan yang selalu mendampingi manusia di saat ketakutan, maka dari itu kita harus menyembah tuhan karena tuhan adalah segala-galanya.

*      Cara pemujaan
Banyak cara manusia memuja tuhan nya bisa dengan pergi ke masjid untuk beribadah dan berdoa , bisa dengan pergi ke gerja untuk beribadah dan memninta pengampunan dosa dan lain-lain.tempat-tempat seperti gereja, masjid, wihara, pure di anggap tempat keramat atau tempat suci karena ada yang beranggapan bahwa tempat keramat tersbut merupakan tempat atau rumah dimana tuhan itu berada.
Selain itu pemujaaan juga merupakan sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi kepada tuhan.untuk memohon ampunan , memohon perlindungan , memohon petunjuk dari tuhan untuk di tunjukan jalan yang benar.

*      Tempat pemujaan
Masjid, gereja, pura, wihara merupakan tempat pemujaan yang biasanya manusia menyembah kepada tuhan. Apabila manusia berhasil membangun tempat memuja, tempat manusia berkomunikasi kepada Tuhan maka banggalah masyarakat itu. Kebanggaan itu adalah kepuasan batinnya akan kemaksimalan cintanya atau pengabdiannya kepada Tuhan. Salah satu contoh Bangsa Indonesia mempunyai Candi Borobudur sebagai tempat pemujaan agama hindu yang tidak ada duanya di dunia ini, hal tersebut merupakan bukti kemaksimalannya Bangsa Indonesia akan cintanya kepada Tuhan.

*      Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaaan
Pemujaan kepada Tuhan pada hakikatnya merupakan manifestasi cinta kepada Tuhan. Cinta dapat membangkitkan daya kreativitas. Dalam mencari bentuk pemujaan dapat berupa : sembahyang, membangun tempat ibadah, mencipta lagu, puisi novel, film, dan sebagainya.

*      Makna belas kasihan
Cinta sesama dipergunakan istilah belas kasihan karena untuk membedakan antara cinta kepada orang tua, pria wanita, cinta kepada Tuhan. Berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan bergantung kepada situasi dan kondisi. Ada yang memberikan uang, ada yang memberikan barang, ada yang memberikan pakaian, makanan dan minuman. Belas kasihan kepada sesama pada hakikatnya adalah cinta kasih terhadap sesama, yang berarti melaksanakan ajaran agama. Bahwa kita wajib mencintai sesama, berarti orang tersebut berbudi. Belas kasihan dapat menimbulkan daya kreativitas yang berarti orang yang dapat berbuat, berkarya, mencipta, mencari, menemukan, dan sebagainya.

Dalam belas kasihan ini bermacam-macam bentuk seni antara lain :
*      Seni suara
*      Seni puisi
*      Seni sastra
Bentuk-bentuk seni budaya tersebut mengandung nilai-nilai hidup, norma serta moral.

*      Cinta Kasih Erotis
Dalam cinta kasih persaudaraan merupakan cinta kasih antar orang yang sama dan sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang lemah yang tanpa daya. Walaupun terdapat perbedaan besar antara keduanya, tetapi mempunyai kesamaan bahwa pada hakikatnya cinta kasih tidak terbatas kepada seseorang saja. Pertama-tama cinta kasih erotis kerap kali dicampurbaurkan dengan pengalaman yang eksplosif berupa jatuh cinta yaitu keruntuhan tiba-tiba tembok yang sampai waktu itu terdapat di antara dua orang yang asing satu sama lainnya.
Cinta kasih dapat pula merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Dalam hal itu, hubungan fisis tidak memperlihatkan sifat-sifat yang rakus atau serakah dalam keinginannya untuk menaklukkan atau untuk ditaklukkan, tetapi akan tercampur dengan kehalusan bertindak secara kemesraan. Apabila keinginan untuk penyatuan fisis tidak di rangsang oleh cinta kasih , cinta kasih erotis tidak juga merupakan cinta kasih persaudaraan, iyaa hanya akan membawa kita kepada penyatuan yang bersifat orbiastis dan sementara.
Dalam cinta kasih erotis terdapat eksklusifitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih peersaudaraan dan keibuan. Kerap kali eksklusifitas dalam cinta kasih erotis di salahartikan  dan ditafsirkan sebagai suatu ikatan hak milik karena cinta kasih erotis itu pada hakikatnya merupakan suatu perbuatan kemauan, suatu putusan untuk mengikat kehidupan dengan kehidupan orang lain.
Jika ditarik kesimpulan, maka cinta kasih erotis itu merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari perbuatan kemauan. Oleh karena itu, hubungan pernikahan mudah saja dapat diputuskan apabila orang tidak bersukses di dalamnya.
SUMBER : Buku Ilmu Budaya Dasar Drs.Joko Tri Prasetya penerbit rineka cipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar