tulisan

Jumat, 16 Januari 2015

Informasi dan sistem informasi



Nama               : Amy Prihartini
NPM / kelas    : 10511680 / 4PA10
TUGAS 1
Pengertian mengenai informasi, apa sih informasi itu ??? Informasi itu sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, bagi seseorang yang tidak tau tentang suatu hal bisa menjadi tau dan seseorang yang tadinya tidak mengerti bisa menjadi mengerti itu dikarenakan adanya suatu informasi yang telah seseorang dapatkan. Lalu apa sih pengertian informasi itu sendiri?? Informasi bisa dikatakan sebagai suatu pengetahuan yang bisa di dapatkan melalui belajar atau pengalaman. Informasi juga memiliki arti sebagai sekumpulan data-data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi penerima informasi. Misalnya saat menerima informasi baru: ada salah satu teman baru kita yang ingin berulang tahun lalu kita ingin memberi kado special sesuai dengan apa yang teman kita sukai, kemudian kita bisa bertanya pada teman kita, apa sih barang yang kamu sukai? Lalu teman kita menjawab: aku suka doraemon, nah dari jawaban teman kita itu lah kita menjadi tau bahwa teman kita suka doraemon dan itu lah salah satu informasi baru yang kita dapatkan. Informasi menurut Davis, 2002 adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau di masa mendatang. Informasi dapat berinteraksi dengan sistem maksudnya adalah sebuah sistem yang terintegrasi atau sistem manusia mesin, untuk menyediakan informasi yang mendukung operasi dan manajemen dalam suatu organisasi. Jadi informasi itu sangat berkesinambungan atau saling berhubungan dengan sistem. Semuanya mengacu pada sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk mendukung suatu operasi.
Lalu apa sih sistem informasi ? Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil suatu keputusan. Menurut John F. Nash sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat. Lalu apa pengertian dari psikologi itu ??? psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang jiwa atau ilmu jiwa, psikologi sebagai ilmu pengetahuan  dengan pendekatan ilmiah dipelajari melalui penelitian-penelitian ilmiah. Menurut Wundt (dalam Devidoff, 1981) psikologi itu merupakan ilmu tentang kesadaran manusia (the science of human consciousness). Dari batasan ini dapat dikemukakan bahwa dalam psikologi, keadaan jiwa direfleksikan dalam kesadaran manusia. Unsur kesadaran merupakan hal yang dipelajari dalam psikologi. Berdasarkan penjelasan diatas maka sistem informasi psikologi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang digunakan untuk mendapatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan psikologis dan untuk meningkatkan penguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan. Misalnya: dahulu banyak tes-tes psikologis yang dilakukan secara manua, tetapi secara dapat dilakukan menggunakan komputer contohnya tes papikostik. Dari contoh inilah dapat di tarik kesimpulan bahwa psikologi dan komputer saat ini sudah bekerjasama untuk meningkatkan kualitas tes psikologi. Penggunaan sistem informasi dalam psikologi memiliki banyak hal dalam dunia psikologi yang masih dapat dikelola dengan menggunakan komputerisasi. Misalnya seperti contoh di atas tadi alat tes papikostik bisa menggunakan komputer. Contoh lainnya adalah memungkinkan seseorang untuk mengurangi bahkan menyembuhkan gangguan psikologis seperti ADHD, PTSD (post traumatic stress disorder) dan beragam pobia. Bentuk lain nya E-conseling merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi teknologi informasi dalam bidang psikologi, dengan cara internet menawarkan suatu proses psikoterapis yang menggunakan suatu media komunikasi yang baru dimana melalui media tersebut mereka dapat memberikan intervensi psikoterapi.

Contoh Kasus:
Penggunaan sistem informasi memiliki banyak hal atau kegunaan di bidang psikologi misalnya, dahulu alat-alat tes psikologi masih menggunakan manual, namun saat ini alat tes psikologi sudah banyak yang menggunakan komputer salah satu nya adalah tes papikostik untuk lebih memudahkan psikolog dalam menjalani tugasnya dan dapat mempersingkat waktu seefesien mungkin.

      Sumber :
     Heru, B. (2008). Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar