tulisan

Jumat, 16 Januari 2015

Arsitektur komputer dan struktur kognitif manusia



Nama               : Amy Prihartini
NPM / kelas    : 10511680 / 4PA10
TUGAS 2

Arsitektur sih komputer itu ???
Arsitektur komputer adalah membahas mengenai komponen komputer, serta tentang organisasi komputer atau bisa kita sebut sebagai struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit hardware yang melaksanakan suatu instruksi. Contohnya: set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan bermacam-macam jenis data (misalnya bilangan, karakter).


Struktur kognitif manusia
Struktur kognitif tidak berfokus pada apa yang manusia pikirkan, tapi bagaimana manusia berpikir. Menurut seorang tokoh yang bernama Ausabel ia mengemukakan bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lian bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang.

Kaitan antara struktur manusia dan arsitektur komputer
Bagaimana menjelaskan dan memahami kaitan antara struktur kognitif manusia dan arsitektur komputer ???
Pada dasarnya struktur kognitif manusia memiliki cara kerja yang sama dengan komputer, yaitu Input (Pemasukkan informasi), Storage (Pemrosesan Informasi), dan Output (Pengeluaran Informasi).
Bagaimana manusia berfikir, menganalisa, memproses dalam pembuatan arsitektur komputer tentunya tidak luput dari upaya yang dilakukan oleh manusia. Begitu pula sebaliknya, struktur kognisi manusia pun terkadang membutuhkan bantuan arsitektur komputer dalam membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Jadi antara struktur kognisi manusia dengan arsitektur komputer cukup erat kaitannya karena saling membutuhkan dan saling mempengaruhi.
Contoh kasus: dimana struktur kognisi disini adalah yang dimiliki manusia jadi hubungannya dengan arsitektur komputer menurut saya dimana manusia yang memerankan untuk menjalankan aplikasi komputer tersebut untuk mengejakan serangkaian tugas-tugas dengan menggunakan aplikasi komputer. Contohnya pegawai bank yang sedang menjalankan aplikasi-aplikasi yang menunjang dengan kegiatan yang sedang dia kerjakan.

Apa sih Kelebihan dan kelemahan Arsitektur Komputer dibandingkan struktur kognitif manusia?
a.       Kelebihan nya yaitu :
1.      Menggunakan teknologi time sharring
2.      Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations per Second)
3.      Memiliki processing yang berjumlah lebih dari satu
4.      Bisa digunakan oleh banyak pengguna
5.      Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
b.      Kekurangannya yaitu :
1.    Kerjanya yang lama
2.    Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
3.    Ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
4.    Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
5.    Harganya sangat mahal
c.       Kelebihan :
1.    Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
2.    Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3.    Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
d.      Kekurangan :
1.    Waktu yang dibutuhkan cukup lama

CONTOH KASUS :
Kognisi merupakan proses intelektual yang mana informasi diperoleh, ditransformasi, disimpan, diambil kembali. Jika anak kecil melihat suatu gambar kelinci (informasi) yang sebelumnya dia belum pernah tahu, maka panca indera (mata) akan melihat gambar kelinci tersebut, lalu akan mempersepsikan (memberikan arti) kepada gambar tersebut bahwa gambar tersebut adalah gambar kucing. Gambar kelinci tersebut akan di ingat-ingat oleh anak kecil itu bahwa jika hewan berkaki empat, berbulu, dan berekor adalah seekor kucing seperti yang sudah dilihat dan diberi arti. Dan saat anak kecil tersebut melihat secara langsung hewan berkaki empat, berbulu, dan berekor maka informasi tentang apa yang dahulu pernah ia lihat digambar maka akan diingat dan ia tau bahwa itu adalah seekor kucing. Maka gambar yang anak kecil lihat (stimulus) itu adalah input, kemudian diproses di otak sehingga dapat diberi makna atau persepsi, itu merupakan storage. Dan jika anak kecil itu melihat secara langsung hewan seperti apa yang dia lihat digambar, kemudian menyebut dan memanggil itu adalah kelinci. Berarti itu adalah output. Jelas terlihat bahwa proses kognisi manusia sama halnya dengan proses komputer. Yaitu adanya Input, Storage, dan Output. Arsitektur Komputer pun sebeneranya berasal dari kognisi manusia yang cerdas sehingga manusia mampu membuat alat teknologi yang semakin lama semakin canggih.

Sumber :
Nursyamsi, J. (2010). Arsitektur komputer. Diakses dari http://jnursyamsi.staff.gunadarma.ac.id/Download/files/30853/MSIM2+Arsitektur+komputer.pdf. Diakses pada 19 November 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar