tulisan

Selasa, 06 November 2012

Fenomena intrapersonal dan interpersonal


Nama : Amy Prihartini
Kelas : 2PA10
NPM : 10511680

FENOMENA DI MASYARAKAT DALAM HAL INTAPERSONAL
DAN INTERPERSONAL


1.  Keterampilan Interpersonal
Ketrampilan interpersonal dapat diartikan sebagai “soft skill”. Ketrampilan-ketrampilan tersebut meliputi: kemampuan berkomunikasi, mendengar, pemecahan masalah kelompok, hubungan lintas budaya, dan customer service. Komunikasi interpersonal, yaitu komunikasi yang terjadi antara satu individu dengan individu lainnya secara langsung. Ketrampilan interpersonal memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan kehidupan setiap orang dalam konteks globalisasi dewasa ini. Bahkan kita dapat mengatakan bahwa kesuksesan seseorang dalam bidang apapun sangat tergantung pada ketrampilan interpersonal yang dikuasainya. Seorang manager misalnya harus memiliki kemampuan dibidang komunikasi, leadership dan team work. Kemampuan-kemampuan seperti itu sangat dibutuhkan karena kita adalah bagian dari orang lain dan orang lain merupakan bagian dari hidup kita. Orang lain yang merupakan bagian dari hidup kita memiliki latar belakang kebudayaan, kepentingan, ekonomi, sosial dan pandangan politik.

2.  Komunikasi Intrapersonal
Jenis komunikasi ini adalah komunikasi intrapersonal, yaitu komunikasi yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Hal ini mencakup penggunaan bahasa atau pikiran di dalam diri kita, dimana diri kita sendiri aktif sebagai pengirim, pengolah, dan penerima pesan. Dengan kata lainhal ini memiliki makna sebagai suatu proses pengelolaan informasi di dalam diri kita. Prosesyang terkandung dalam hal ini antara lain Sensasi (diterimanya rangsang oleh alat indera),Persepsi (memberikan makna terhadap sensasi tersebut), Memori (proses menyimpan danmemanggil kembali informasi dalam pikiran kita), dan berpikir (pengolahan informasi yang adadi dalam pikiran untuk memenuhi kebutuhan tertentu atau memberi respons). Hal ini memangterdengar rumit apabila hanya dibicarakan secara konsep, karena itu untuk membantupemahaman saya akan menggambarkannya dengan contoh fenomena komunikasi interpersonal.
Contoh Fenomena Komunikasi Interpersonal Tata sedang membaca buku ketika ia mendengar telepon genggamnya berbunyi, ia kemudian memutuskan untuk menghentikan membaca dan mengambil telepon genggamnya. Ia pun memeriksa telepon genggamnya dan ternyata ada sebuah pesan dari temannya yang berbunyi seperti ini “ Kita main yuk nanti malam.” , Tata membaca pesan tersebut dan membayangkan bisa bersenang – senang di tongkrongan bersama temannya, namun ia tiba –  tiba teringat akan tugas kuliahnya yang belum selesai dan harus dikumpulkan pada esok paginya. Setelah mempertimbangkan hal tersebut akhirnya Tata memutuskan untuk tidak ikut menonton bioskop bersama temannya. Setelah mengambil keputusan tersebut baru Tata membalas pesan temannya untuk menolak ajakannya. Dari contoh tersebut disimpulkan adanya sebuah proses diterimanya sebuah stimulus (bunyi handphone dan pesan teks) dan bagaimana stimulus tersebut diterjemahkan menjadi sebuah informasi yang disimpan dalam pikiran individu (Memori) hingga akhirnya informasi yang telah tersimpan di dalam memori tersebut dipanggil kembali (mengingat mengenai tugas) untuk diolah sehingga dihasilkanlah suatu kesimpulan yang akan menjadi respon dalam komunikasi (menolak ajakan).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar